ERP Open Source, 80 Persen Lebih Murah dari Lainnya

Perbandingan ERP Open Source Odoo ERP dengan Lainnya
Bagikan

ERP Open Source Odoo, 80 Persen lebih murah dari ERP lainnya karena hampir 80 persen kebutuhan pengembangan sebuah software ERP telah tersedia di dalam Odoo. Anda hanya perlu mengkustomasi sesuai kebutuhan di lingkungan bisnis yang Anda miliki.

Odoo ERP dikembangkan dengan dukungan komunitas developer dan pelaku bisnis dari seluruh dunia. Sebuah kombinasi kerja tim yang sangat baik dan massive. Pelaku bisnis melemparkan ide, keluhan dan kebutuhan masing-masing, sedangkan developer mengembangkan ide tersebut dnegan penuh cinta dan antusias.

Odoo merupakan salah satu ERP open source paling mudah dikembangkan dan digunakan saat ini. Para developer mengembangkan Odoo dengan proporsi yang unik antara desain UI/UX (tampilan dan desain pengalaman pengguna), fungsionalitas, kecepatan pengembangan, teknologi, stabilitas sistem, dan dukungan jangka panjang. Kumpulan modul dalam Odoo ERP dikembangkan untuk memberikan pengguna pengalaman terbaik dalam menggunakan sebuah sistem manajemen bisnis ERP.

Baca: Apa itu Open Source Odoo ERP?

Model pengembangan yang diusung Odoo yaitu pengembangan ERP open source. Model pengembangan open source yaitu salah satu model pengembangan perangkat lunak yang dilakukan dengan dukungan komunitas dari seluruh dunia. Kode sumber atau source code software tersebut di lepaskan ke “pasar” dan membiarkan pasar atau komunitas mempelajari, mengkritisi, memperbaiki dan turut mengembangkannya. Begitu juga dengan Odoo ERP, kode sumber dikembangkan oleh komunitas Odoo dari seluruh dunia. Sehingga, Odoo memungkinkan kita untuk melakukan leverage pengembang (peningkatan kapasitas) oleh developer dan pakar bisnis dari seluruh dunia. Odoo dikembangkan secara terstruktur, sehingga dapat menghasilkan sebuah perangkat lunak ERP yang sangat solid.

ERP Open Source Lebih Murah dari ERP Lainnya

Odoo adalah ERP Open Source yang digunakan oleh jutaan pelaku bisnis
Odoo merupakan ERP Open Source yang digunakan oleh jutaan pelaku bisnis. Src: odoo.com

ERP merupakan salah satu jenis software yang sangat sangat kompleks. Karena software jenis ini hampir mengakomodasi seluruh perangkat lunak yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Mulai dari software akuntansi, penjualan, sistem HR, Pyroll, database kontak, penjadwalan, manajemen produksi, dan lain sebagainya. Dan semua data yang diolah dalam sistem ERP harus terintegrasi dan memiliki workflow data yang jelas dan solid. Dan tidak ketinggalan, para developer harus mengembangkan ERP berdasarkan hasil analisis kebutuhan dalam bisnis. Karena pada dasarnya sistem ERP dibangun untuk mengefisiensikan sumber daya dan akurasi data. Maka tidak heran jika ERP membutuhkan banyak sekali sumber daya untuk mengembangkannya.

Semua proses pengembangan sistem serumit itu sudah dilakukan oleh para developer dari seluruh dunia, lebih dari 80 persen pekerjaan pengembangan telah dilakukan untuk bisnis Anda. Anda hanya perlu menyelesaikan 20 persen lagi agar sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Berikut alasan yang perlu Anda ketahui kenapa ERP open source Odoo lebih murah dari ERP lainnya?

  1. ribuan developer terbaik seluruh dunia dari berbagai bidang bisnis turut mengembangkan Odoo open source;
  2. Odoo dikembangkan dari awal tahun 2015, bermula dari Tiny ERP menjadi OpenERP, sampai akhirnya menjadi Odoo. Dengan pengalaman Odoo bertahun-tahun, sehingga Anda tidak perlu melakukan riset bisnis besar untuk menerapkan ERP Odoo dalam bisnis.
  3. Odoo ERP memiliki versi stabil yang didukung hingga 3 tahun, dengan pembaruan keamanan. Sehingga Anda bisa tenang selama 3 tahun tanpa memikirkan update besar-besaran.
  4. Integrasi Odoo sangat kuat dan solid, sehingga Anda dapat menghemat banyak biaya untuk mengembangkan aplikasi setiap divisi. Karena semua sudah tersedia di Odoo.
  5. Pekerjaan monitoring data bisnis ada dalam satu dashboard, sehingga Anda tidak perlu membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari kesehatan bisnis yang dijalankan.
  6. Kemampuan untuk mengotomatiskan dan melacak semua data proses bisnis, dilakukan secara terpusat, online, dan dapat diakses dari mana saja dengan perangkat apa pun.
  7. Odoo dikembangkan dengan model object-oriented programming, sehingga developer Anda bisa membuat aplikasi berbasis data bisnis di atas lingkungan Odoo.
  8. Anda dapat dengan mudah menemukan developer Odoo di pasaran, sehingga Anda tidak perlu khawatir software ERP dan data bisnis Anda tidak dimaintenance developer.
  9. Dan yang paling penting, Anda bisa mendapatkan Odoo Community secara gratis.

Jasa Implementasi Odoo ERP Paling Murah untuk UMKM dan Bisnis Kecil

Odoo Development Workflow Models
doo Development Workflow Models. Src: Gerd Altmann, Pixabay

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, bahwa Odoo dikembangkan oleh banyak developer dari seluruh dunia. Hampir semua pekerjaan untuk membangun sebuah software ERP telah dilakukan komunitas Odoo. Namun, ada beberapa hal yang belum dilakukan oleh Odoo, yaitu melakukan personalisasi software sesuai dengan kebutuhan bisnis, serta penyesuaian dengan bagaimana cara Anda mengelola bisnis. Sehingga, perlu memahami bagaimana cara bekerja dengan Odoo dan cara pengembangan dan implementasi Odoo dalam bisnis Anda. Berikut kami jelaskan cara implementasi Odoo ERP dengan cara yang paling murah.

Fase #1: Memahami “Secara Mendalam” Bagaimana Bisnis Dijalankan

Anda harus benar-benar memahami bagaimana cara kerja bisnis Anda. Mulai dari bagaimana setiap data dalam bisnis masuk, diproses dan menghasilkan output. Bagaimana cara Anda bekerja, cara karyawan bekerja, serta bagaimana hubungan antar divisi dalam proses bisnis. Anda harus benar-benar memahami hal tersebut untuk menghemat waktu yang akan berdampak pada biaya analisis bisnis. Walaupun pada kenyataannya, tetap developer Odoo ERP yang akan menangani hal tersebut. Namun, perlu diperhatikan bahwa ERP adalah sebuah software yang akan menjadi alat leverage kinerja tim.

Software ERP digunakan sebagai alat bantu meningkatkan daya kerja tim, namun tidak menutup kemungkinan Anda perlu membuat prioritas divisi mana yang harus segera menggunakan ERP dan divisi mana yang dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana. Sehingga, Anda dapat dengan mudah memilih modul ERP mana saja yang harus segera dibuat dan dikembangkan. Karena Odoo dikembangkan dengan model modular, Anda dapat dengan mudah menambah dan mengurangi setiap fitur yang digunakan.

Fase ini, merupakan salah satu bagian dari fase Business Analysis dalam bahasa yang lebih sederhana, analisis bisnis ini digunakan untuk memahami secara mendalam tentang dan bagaimana sebuah bisnis dijalankan. Fase ini juga dapat Anda manfaatkan untuk konsultasi bisnis dengan tim profesional. Wikistra MT memberikan kesempatan kedapa UMKM untuk menikmati software ERP dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Odoo ERP hanya
Rp. 14.900.000

Fase 2: Merencanakan Manajemen Bisnis “Impian” dengan Odoo Open Source

Untuk merencanakan manajemen bisnis impian, kami membantu Anda memahami kesenjangan dalam bisnis yang sedang berjalan. Fase ini juga membantu kami menutupi celah fungsional yang mungkin timbul dalam penerapan Odoo ERP. Jika kami sudah memahami bisnis Anda secara baik, Selanjutnya adalah perencanaan proyek yang melibatkan tim Anda untuk mengidentifikasi tugas, tanggung jawab, dan jadwal terpisah untuk proyek implementasi Odoo.

Evolusi teknologi digital dalam kehidupan saat ini, proses bisnis kita juga ikut berkembang. Saat ini kita dapat dengan mudah mengirim surat elektronik setiap menit. Tanpa kertas, tidak membutuhkan banyak waktu dengan cara mengirim email setiap menit. Saat ini kita dapat menjalankan lebih banyak tugas dibanding dengan masa lalu dengan bantuan teknologi. Maka tidak heran jika saat ini, software/ perangkat lunak manajemen bisnis yang terintegrasi secara solid sangat penting untuk mengikuti arus dan memenangkan persaingan.

Anda dapat dengan mudah merencanakan bisnis depan menggunakan Odoo. Karena Odoo sangat modular, maka Odoo cukup fleksibel untuk memenuhi setiap kebutuhan software bisnis namun tetap terintegrasi secara penuh. Seperti halnya sistem bisnis lainnya, perencanaan pengembangan yang panjang dan proses implementasi yang membutuhkan waktu. Secara umum, proses untuk merencanakan menggunakan Odoo antara lain:

  1. Mendokumentasi semua informasi hasil analisis dan alur kerja yang berjalan dalamperusahaan.
  2. Mengkonfigurasi sistem Odoo .
  3. Membuat laporan untuk memberikan informasi yang berharga.
  4. Menguji berbagai model penggunaan dan model penerapan Odoo dalam bisnis, sehingga kita dapat melihat seberapa efektif perusahaan menggunakannya.

Akhirnya, yang membuat ERP Odoo open source lebih murah dari ERP lainnya karena Odoo menyediakan “libarary software” bisnis yang tersedia secara gratis. Selain itu, konsultan bisnis seperti Wikistra MT juga hanya menerapkan harga jasa implementasi Odoo ERP dan biaya konfigurasi. Namun, jika Anda membutuhkan penyesuaian yang cukup besar, Anda juga dapat meminta jasa kustomasi Odoo dari modul yang sudah ada.

Wikistra MT memberikan dukungan lebih dari ekspektasi Anda. Kami berkomitmen memberikan dukungan bisnis enterprise kepada UMKM dan bisnis kecil dengan penawaran biaya yang jauh lebih terjangkau dari lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, pelajari layanan dan jasa Implementasi Odoo, pengembangan Odoo ERP dan kustomasi Odoo.

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.